Monday 18 April 2016

55 Juta Menengah-Atas RI Rata-rata Keluarkan Uang Rp 2,28 Juta/Bulan

55 Juta Menengah-Atas RI Rata-rata Keluarkan Uang Rp 2,28 Juta/Bulan


55 Juta Menengah-Atas RI Rata-rata Keluarkan Uang Rp 2,28 Juta/Bulan 
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah orang berpendapatan menengah ke atas di Indonesia berjumlah 55 juta orang, atau 20% dari total jumlah penduduk. Orang tersebut rata-rata mengeluarkan uang Rp 2,28 juta per bulan.

"Untuk berpendapatan menengah ke atas pengeluarannya Rp 2,28 juta per bulan," kata Sairi Hasbullah, Deputi Kepala BPS RI Bidang Statistik Sosial, di kantornya, Jakarta, Senin (18/4/2016). Ini berdasarkan data terakhir BPS September 2015.

Sairi menyebutkan, ada penurunan pengeluaran oleh masyarakat pada kelompok tersebut. Ini seiring kondisi perekonomian yang melemah dalam beberapa tahun terakhir, dan terendah adalah periode 2015.

"Penurunan belanja ada indikasi penurunan kemakmuran. Belanja orang kaya itu belanja makanan, non makanan, dan barang-barang lainnya," ujarnya.

Sementara itu untuk masyarakat kelas paling bawah, atau 40% dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 100 juta orang, pengeluarannya hanya sekitar Rp 420.000 per bulan. Kelompok ini sangat terbantu oleh program pemerintah.

"Konsumsi masyarakat memang masih drop. Tapi di lapisan bawah ada bantalan dari pemerintah. Ini akan meningkatkan lapisan bawah," tegas Sairi.

Hal ini yang kemudian mendorong rasio gini menurun dari 0,41 menjadi 0,40. Artinya ketimpangan masyarakat paling miskin di Indonesia dengan yang kaya sudah menurun.

"Kinerja ekonomi belum pulih sampai September sehingga pendapatan orang yang lebih makmur selama ini mengalami penurunan. Gini ratio mengecil yang atas naik, yang tinggi turun," paparnya.

No comments: