Friday 15 July 2016

MEMPERBAIKI HARDISK BAD SECTOR VIA CMD

MEMPERBAIKI HARDISK BAD SECTOR VIA CMD

 
Kerusakan yang paling sering dialami oleh hardisk salah satunya adalah hardisk bad sector, kerusakan ini ditandai dengan lambatnya komputer saat mulai dihidupkan atau startup yang terlalu lama.
Komputer juga menjadi lambat jika menjalankan suatu aplikasi, bahakan sering terjadi hang ketika suatu aplikasi di buka.
Ada dua bad sector yang dapat menimpa hardisk anda, yaitu bad sector secara fisik dan bad sector secara software. Kedua jenis bad sector ini sama-sama mempunyai gejala berupa berhentinya hardisk berputar dan komputer mendadak hang.
Jika bad sector secara fisik, yang kerap disebabkan adanya kerusakan fisik seperti kena debu, hardisk terjatuh, kepanasan, dan lain sebagainya, tentu anda membutuhkan hardisk baru.
Namun, jika bad sector secara software, yang sering kali disebabkan oleh kesalahan pengoperasian PC atau laptop anda, seperti mematikan tanpa menggunakan fitur shutdown, listrik mendadak mati, virus, dan lain sebagainya. Maka, anda tak perlu buru-buru ke teknisi komputer untuk membongkar-bongkar hardisk anda.
Berikut langkah-langkah Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD:
#1 Buka command promt anda dan jalan kan cmd as adminstrator


#2 Pada command prompt ketikan chkdsk /r /f d: tekan enter
#3 Tunggu hingga proses chkdsk selesai.
Keterangan :
chkdsk  merupakan perintah pengecekan hardisk
/r  adalah perintah untuk memindahkan bad sector
/f  adalah perintah untuk memperbaiki eror

d: adalah alamat hardisk yang akan di perbaiki

No comments: