Friday 6 May 2016

Agar Kebiasaan Boros Anda Berkurang, Lakukanlah Hal ini. Praktekkan ya

Agar Kebiasaan Boros Anda Berkurang, Lakukanlah Hal ini. Praktekkan ya


Salah satu kebiasaan yang paling susah dihilangkan adalah kebiasaan boros. Jikalau kita sedang punya duit, seringnya kita membelanjakannya untuk ini dan itu, menikmati ini dan itu. Semuanya mau dicoba, seolah-olah uang yang ada harus dihabiskan. Nah, jikalau Anda ingin mengurangi kebiasaan boros Anda, ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan beberapa lengkah berikut ini. Kelihatannya sepele, namun jikalau Anda rutin dan konsisten menjalankannya, maka hasilnya akan besar dan luar biasa. 


a-Kurangi Merokok
Jikalau Anda perokok, coba Anda bayangkan berapa banyak duit yang harus Anda keluarkan per harinya untuk meng”hisap” ini. Satu batang rokok, harganya 1.000. Berapa batang rokok yang Anda habiskan sehari? Berapa uang yang Anda habiskan dalam sebulan? Andai saja Anda tidak merokok, berapa banyak uang yang bisa Anda simpan/tabung? 
Bayangkan saja!
Luar biasa, bukan?!


b-Parkir
Sekarang mau kemana-mana, parkirnya berbayar. Ke minimarket, belanja cuman 2.000, parkirnya 1.000. 50% dari belanja, cuy. Kurangi saja biaya parkir ini. Jikalau Anda bisa jalan kaki dan tidak perlu bayar parkir, maka lakukanlah. Jangan buang-buang uang Anda untuk parkir. Lumayan. Hemat. Jalan kaki saja. Anda sehat. Bensin hemat. Parkir juga tidak bayar. 
Untung, tho?!

c-Calo
Jangan kebiasaan pakai calo. Kerjakan saja sendiri. Biaya hemat, Anda untung. Ngurus SIM, ya sendiri saja. Kalau calo biasanya dapat 50 ribu, uang itu bisa Anda tabung. Kan, enak. Anda bisa juga belajar bagaimana mengurus sendiri surat-surat itu. Uang juga hemat.

d-Listrik
Setiap tahun, tarif listrik itu terus naik. Mbok ya, Anda hemat listrik. Nah, dengan sendirinya biaya listrik Anda juga akan murah. Dan sisa uangnya bisa Anda tabung. Jauhkan listrik Anda untuk hal-hal yang tidak penting.

Nah, itulah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan dalam upaya melakukan penghematan, anti boros. Sederhana, namun bisa menghasilkan dan membuat tabungan Anda “bengkak”. Mari lakukan. Mari bersikap anti boros.

No comments: