Tuesday 17 May 2016

Mau Jadi Pengusaha? Anda Harus Punya 4 Karakter Ini

Mau Jadi Pengusaha? Anda Harus Punya 4 Karakter Ini

Mau Jadi Pengusaha? Anda Harus Punya 4 Karakter Ini


Keinginan masyarakat Indonesia untuk berwirausaha cukup besar, namun kerap ditakuti berbagai risiko. Untuk menjadi pengusaha, ada beberapa karakter yang harus dimiliki.

"Pertama work hard. Korea Selatan tahun 1960 lebih miskin dari Indonesia tapi dalam beberapa tahun saja hanya butuh satu generasi untuk menunjukkan perubahan yang sangat luar biasa. Kerja keras untuk Indonesia harus," ungkap CEO Bukalapak Achmad Zaky saat acara Bukalapak Forum Indonesia Muda di Balai Sarbini, Jakarta Pusat, Senin (16/5/2016).

Selain itu, seorang enterpreneur juga harus berani mengambil risiko. Sifat tersebut harus dimiliki karena dalam menjalankan sebuah usaha dibutuhkan pengambilan keputusan yang cepat.

"Karakter kedua adalah take risk. Generasi muda di era ini jangan ngambil pilihan yang safe. Sayang digunakan untuk memilih pilihan yang secure.Harus mengambil risiko dulu untuk gagal. Coba hal baru, hal yang berisiko," jelas Achmad.

Seorang pengusaha juga jangan cepat puas. Harus mencari alternatif jalan baru untuk terus mengembangkan usaha yang dijalankannya.

"Build sense of paranoid, nggak pernah comfort. Karena nggak pernah comfort dia selalu cari jalan baru," kata Achmad.

Yang paling utama adalah harus menjadi pribadi yang berbeda dari orang lain. Harus mampu memberikan ide yang kreatif agar usaha yang dijalankan memiliki nilai tambah dibandingkan usaha sejenis lainnya.

"Terakhir adalah creative and differentdon't be follower. Pemimpin masa depan adalah pendobrak. Diharapkan generasi muda bisa membuka jalan satu per satu sehingga menginspirasi generasi berikutnya," pungkas Achmad.

No comments: