Tujuh Kebohongan Terburuk Dalam CV Anda
Tak peduli betapa inginnya Anda mendapatkan sebuah pekerjaan, jangan pernah
berpikir untuk berbohong dalam menulis CV.
Pertama, jika Anda mendapatkan pekerjaan itu, Anda bisa langsung kehilangan
pekerjaan itu setelah kebohongan Anda terbongkar. Kedua, itu risiko besar.
Sebagian besar perusahaan melakukan pemeriksaan latar belakang, memverifikasi
gelarnya dan mengonfirmasi pekerjaan terakhir Anda.
Ketiga, reputasi Anda dipertaruhkan: "Integritas adalah segalanya bagi
pengusaha, jadi jangan sampai mereka mempertanyakan diri Anda," kata Kevin
Rosenberg, dari perusahaan pencari tenaga kerja di California.
Posisi pekerjaan sebelumnya
Orang terkadang menambah-nambahi posisi pekerjaan untuk menaikkan kompensasi
atau senioritas, tetapi bisa menjadi bumerang, kata Rosenberg. Jika Anda
mengajukan permohonan untuk peran manajer senior sambil mengklaim bahwa posisi
Anda sebelumnya adalah direktur, perekrut mungkin berpikir Anda terlalu tinggi
kualifikasinya.
"Anda bisa kehilangan kesempatan," kata Rosenberg. Ia menambahkan,
lebih baik menggambarkan tingkat tanggung jawab yang tinggi pada pekerjaan
Anda, bukan menaikkan posisi pekerjaan Anda sebelumnya. Ditambah, kebenaran
bisa terungkap ketika perusahaan memeriksanya.
"Jika perusahaan mengetahui Anda berbohong,lamaran Anda mungkin langsung
ditolak," kata Jennifer Greenberg, seorang direktur penempatan di Quantum,
sebuah perusahaan perekrutan eksekutif di New York City.
Kebohongan Anda pun bisa menyebar cepat. "Anda tidak ingin orang lain
dalam industri Anda berpikir bahwa Anda pembohong," katanya.
Pengalaman bekerja
Calon pelamar sering hanya menuliskan tahun pengalaman kerja mereka, seperti,
2005 sampai 2007, bukan bulan tertentu, katakanlah, Desember 2005 sampai
Januari 2007, untuk menyembunyikan bahwa mereka berpindah dari satu pekerjaan
ke pekerjaan lainnya.
Namun Rosenberg bilang lebih baik menuliskan pengalaman kerja secara langsung.
"Berikan alasan konkret untuk beberapa pekerjaan yang Anda jalani dalam
waktu yang singkat," katanya.
Sertakan dalam tanda kurung pada resume Anda bahwa Anda meninggalkan pekerjaan
itu karena relokasi perusahaan atau bangkrutnya perusahaan. "Jika memang
Anda dipecat atau habis kontrak, maka itu di luar kendali Anda dan Anda tidak
memiliki alasan untuk bersembunyi di balik itu," katanya.
Selain itu, Anda tidak sendirian kok. Sebanyak 8,8 juta
pekerjaan hilang antara Januari 2008 dan Februari 2010. Orang juga sering menutupi berapa lama mereka kehilangan
pekerjaan, kata Greenberg..
Tapi tidak perlu untuk mengurangi enam bulan masa Anda menganggur menjadi hanya
tiga bulan pada resume Anda. "Pengusaha memahami kok bahwa perekonomian
sedang sulit," kata Greenberg.
Keterampilan
Dalam pasar yang kompetitif, Anda mungkin ingin melebih-lebihkan keahlian
teknis atau pengetahuan tentang perangkat lunak khusus industri. Itu bukanlah
ide yang baik, kata Evers Cathy, Direktur Sumber Daya Manusia di Centrinex, di
Overland Park, KS.
"Pengusaha mengharapkan kandidat untuk dapat berfungsi seperti apa yang
ditulisnya pada resumenya," katanya. Singkatnya, hanya karena Anda telah
mencoba-coba sebuah program komputer atau mengambil kelas pengantar pemrograman
tidak membuat Anda mahir di dalamnya.
Bahkan jika Anda berhasil mendapatkan pekerjaan itu, Anda mungkin goyah ketika
perusahaan menyadari kemampuan Anda tidak sebesar seperti yang Anda katakan.
Sebaliknya, ia merekomendasikan penggambaran keterampilan Anda dalam skala:
Untuk pengetahuan dasar, Anda mengatakan "dilatih" atau "akrab
dengan".
Untuk pengalaman menengah, gunakan "pemahaman yang kuat" atau
"terbukti". Dan untuk tingkat ahli, cobalah "menunjukkan
keberhasilan" atau "kemampuan yang kuat."
Tingkat pendidikan
Jika Anda tidak lulus kuliah, tentukan berapa kelas yang Anda tempuh atau
jumlah kredit yang tersisa. Rosenberg menyarankan Anda mencatat kenapa Anda
keluar, contohnya, untuk berkeluarga atau pasangan Anda pindah pekerjaan.
Walaupun perekrut tidak bertanya, memberitahukan informasi itu dapat menghapus
kecurigaan. Dan untuk para kandidat yang lulus: Selalu jujur tentang gelar
Anda. Lihat apa yang terjadi pada mantan CEO Yahoo! Scott Thompson.
Prestasi
Mengambil semua pujian untuk keberhasilan tim adalah sebuah kesalahan umum di
resume. "Kadang-kadang pencapaian yang didapatkan oleh kelompok, diklaim
sebagai kontribusi pribadi," kata Evers.
Jika kebenaran terungkap, Anda bisa dipecat. Alasan lain untuk menghindari
kesalahan resume ini: Ini masalah egosentris. "Perusahaan ingin tahu
bagaimana Anda bisa bekerja sama dalam kelompok kerja," kata Rosenberg.
"Mereka mencari orang yang dapat memimpin dan menginspirasi sebagai bagian
dari tim." Sampaikan kemampuan Anda untuk bekerja sama dalam resume Anda
dengan mengganti kata "saya" dengan "kita" jika sesuai.
Domisili
Manajer yang mempekerjakan Anda lebih memilih kandidat lokal, jadi mengapa
tidak menggunakan alamat seorang teman atau anggota keluarga jika Anda tidak
tinggal di kota di mana Anda ingin bekerja? Anda mungkin memiliki masalah
setelah Anda menerima panggilan yang didambakan. "Bagaimana Anda bisa ke
New York pada Jumat jika Anda berada di Ohio?" tanya Greenberg.
"Apakah Anda dalam posisi untuk naik pesawat keesokan harinya? Jika tidak,
Anda harus berbohong lagi." Namun jika Anda memang tinggal bersama seorang
teman selama beberapa pekan dan membuat Anda memiliki waktu untuk wawancara,
katanya, tidak apa-apa untuk menggunakan alamat tersebut pada resume Anda.
Usia
Beberapa kandidat mengurangi sepuluh tahun pengalaman untuk menghindari tampak
terlalu tua, sementara yang lain mungkin mengubah tanggal kelulusan karena
mereka takut dianggap terlalu muda. Itu tidak membantu.
"Orang yang muncul untuk wawancara adalah Anda," kata Rosenberg. Dan
sementara, ilegal untuk melakukan diskriminasi berdasarkan usia, perusahaan
diijinkan untuk memilih kandidat terbaik untuk pekerjaan itu, yang mungkin
berarti siapa pun yang paling cocok dengan budaya perusahaan.
"Tidak ada yang dapat Anda lakukan," kata Rosenberg. "Tugas Anda
hanyalah menjadi diri Anda sendiri dan berharap Anda sedang berhadapan dengan
perusahaan dengan pikiran terbuka dan berjalan di sana dengan sikap Anda yang
percaya diri.
No comments:
Post a Comment