Tuesday 10 December 2013

10 Tips Atasi Susah Tidur

10 Tips Atasi Susah Tidur

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia
Klikdokter.com – Hidup di kota besar, waktu habis di jalan. Tiba di rumah malam hari dan harus berangkat lagi setelah subuh agar tidak terjebak kemacetan. Sayangnya kadang sulit untuk mendapatkan jam tidur yang cukup karena tidak bisa tidur.  Berbagai macam faktor dapat mempengaruhi masalah insomnia. Ikuti 10 tips di bawah ini agar mudah terlelap di malam hari.
1. Buat jadwal tidur yang teratur.
Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.
2. Buat lingkungan tidur yang baik.
Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas. Temperatur, pencahayaan dan suara sebaiknya dikontrol sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.
3. Pastikan tempat tidur nyaman.
Sulit untuk tidur pada tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, atau yang terlalu kecil.
4. Berolahraga teratur.
Lakukan olahraga secara teratur seperti renang atau berjalan. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dekat dengan jam tidur.
5. Kurangi kafein.
Kurangi stimulan seperti kafein pada teh dan kopi, terutama pada malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam dan dapat menganggu proses tidur serta mencegah tidur dalam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.
6. Jangan makan atau minum alkohol berlebihan pada malam hari.
7. Jangan merokok.
Perokok lebih sulit tidur, terbangun lebih sering, dan tidurnya lebih sering mengalami gangguan.
8. Coba rileks sebelum tidur.
Mandi dengan air hangat, dengarkan musik yang pelan, lakukan yoga.
9. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan esok harinya.
Luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada pagi harinya untuk mencegah Anda melakukannya di tempat tidur sehingga tidak dapat tidur.
10. Bila tidak dapat tidur, jangan bertahan di tempat tidur.
Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai hingga mengantuk kembali.
Kebiasaan tidur yang baik dapat mengurangi kurangnya energi pada siang hari, membuat kerja lebih semangat dan efektif. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat tidur sehat![](PNA)

No comments: