Tuesday 10 December 2013

Menyanyi di Paduan Suara Bikin Bahagia

Menyanyi di Paduan Suara Bikin Bahagia  


TEMPO.CO, York - Bergabung dalam suatu paduan suara ternyata bisa berdampak positif bagi kesehatan mental seseorang, demikian sebuah penelitian terbaru mengungkapkan.
Para ilmuwan Inggris seperti dikutip situs Health Day edisi 6 Desember 2013, melakukan survei online pada hampir 400 orang yang menyanyi di dalam paduan suara, menyanyi sendiri atau bergabung dengan sebuah tim olahraga. Ketiga aktivitas itu berkaitan dengan level kesehatan mental yang lebih tinggi, tetapi level tertinggi dari ketiganya adalah bergabung dengan paduan suara.
Survei ini juga menunjukkan bahwa penyanyi kelompok paduan suara menilai bahwa kelompoknya lebih berarti secara sosial dibandingkan dengan cara para atlet melihat tim olahraga mereka. Riset yang dipresentasikan pada pertemuan British Psychological Society di York, England, tidak menunjukkan hubungan sebab akibat antara menyanyi di dalam kelompok paduan suara dengan kebahagiaan seseorang.
"Riset menunjukkan bahwa bergabung dengan sebuah kelompok paduan suara bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang," kata ketua peneliti Nick Stewart, dari Oxford Brookes University dalam siaran persnya. "Tetapi yang mengejutkan kami adalah besarnya efek dari menyanyi di kelompok panduan suara."
Stewart menambahkan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman untuk bernyanyi bisa lebih kuat saat Anda bergabung dalam sebuah kelompok sosial. "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat seberapa besar dampak dari bergerak dan bernapas (dalam konser) dengan kemungkinan lain dalam menciptakan efek kebahagiaan," ujarnya.

No comments: